KASIH SAYANG / VALENTINE 7b HARDEST MULTI-PITCH IN BANDUNG
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Iqbal K Fasya menembuskan jalur multi-pitch paling susah di Bandung!
pitch 1 yang 7b
VALENTINE 7b adalah jalur multi-pitch yang berada di Tebing 90 Padalarang Bandung. Dibuat oleh Bang Bondan Kartiko pada Februari 2021. Dan yang paling menarik dari jalur ini adalah ada pitch yang paling susah diantara jalur multi-pitch yang sudah ada di area Bandung. Ya, jalur ini hanya memiliki 3 pitch saja, namun pitch pertama yang cukup menantang dengan grade 7b akan membuat mu gagap duluan.
bersiap menuju crux
Jalur ini berada diantara jalur Freder dan Mega Mendung, yang kedua-duanya jalur multi-pitch juga. diawali dengan melipir ke kanan lalu menyamping ke kiri yang mana pitch satu saja memakan hampir 15 atau 17 hanger (lupa lagi karna saking banyaknya).
bisa biasa aja gak sih kakinya ?
tepat di sebelah kanan ini jalur Freder
Berikut ini sepatah dua patah kata dari Ikbal tentang pemanjatan ini.
"Sama sekali tidak ada yang di rencanakan untuk pemanjatan kali ini, semuanya terjadi serba dadakan dan natural. Di awali dari rencana liburan keluarga yang batal saya langsung terfikir untuk manjat jalur multipitch kasih sayang di tebing 90 yang sebelumnya sudah di panjat sama si ajam dan dadan. Saya di temani Tomy dan ga lupa ngajak dadan juga buat dokumentasi karna dari informasi sebelumnya jalur ini agak lumayan secara grade dan karakter jadi saya pikir perlu juga buat di dokumentasiin, meskipun pas ngajak dadan agak sedikit telat karna jauh dari tempatnya dan ngomel "naha maneh teu ngajakna ti kamari? Meureun urang tèh bisa mondok di imah manèh". Dadan keliatan kesel banget karna dadakan dikabarinnya".
pegangannya kok begitu ?
tiga foto ini intro gerakan crux
"Ketika semua peralatan sudah di set sesuai kebutuhan, saya mulai duluan dengan membuka jalur di pitch 1 sembari pasang fix rope buat dadan. Disini udah keliatan banget kalo pitch 1 itu crux nya karena keliatan jelas dari panjang dan miring nya jalur. Pemanjatan masih aman-aman aja sampe runner 11".
"Sisanya lumayan blank karna point nya tipis dan slab banget. Tapi dengan point kaki yang masih lumayan berserakan dan sedikit improve di gerakan kaki semua problem bisa lewat juga, ya meskipun hangdong dengan durasi yg lumayan lama".
Iqbal saat pasang tali fix agar Dadan bisa ascending untuk ambil foto
"Sampai di pitch 2 saya pasang tali fix rope buat dadan ambil dokumentasi dan saya di teriakin tomy buat langsung turun supaya bisa langsung coba first free ascend/FFA".
Oke kita potong dulu, Ya, setalah Iqbal selesai memasang tali fix untuk akses foto, dia pun istirahat mengisi tenaga untuk percobaan sending tanpa hangdog dan tanpa jatuh. Yowis lanjut nih...
pegangan pinch yang open banget
tapi bisa tuh dibebani, dassar!
"Dengan waktu istirahatnya yang lama selagi saya pasang runner, dadan langsung ascending buat ambil foto. Ketika saya mulai manjat sampai di crux pertama dengan pegangan yang slab dan tipis, saya sedikit kurang yakin karna kaki harus ngelebar jauh biar dapet balance".
"Dengan ketinggian yang sudah hampir 30 meter cukup bikin keringetan juga. Cuma karna posisi hanger ke hanger yang di buat agak jauh juga menjadi motivasi saya buat gamau jatuh".
crux selanjutnya setelah pegangan 3 jari menuju undercling kiri
pocket lurus dua jari
"Nah abis lewat dari situ ada lagi crux yang menurut saya itu lucu sih gerakannya, over hang yang cukup tajam dengan pegangan tanduk-tanduk tipis. Hampir ga ketahan juga disini karena kaki harus banyak hooking dan twist, dan di tutup lagi dengan undercling tipis. Dan dari situ sampai top pitch 3 saya rasa ga ada lagi crux, cuma karna tenaga udah abis di bawah aja jadi gendut hehe".
Begitulah curhatan Iqbal, setelah sampai di pitch pertama ini, disusul oleh Tomy sebagai agen FBI (Federasi Belayer Indonesia) paling ampuh :D
Tomy dalam misi FBI nya menyusul Iqbal di Pitch 1
Tomy dapat best view nya
satu per satu Tomy clean runner agar bisa dipakai di pitch selanjutnya.
Singkat cerita, Tomy sampai di pitch 1 bersama Iqbal. Karena hari semakin senja, Dadan pun turun untuk ambil foto dari bawah.
Iqbal saat sampai di Pitch 2 namun tidak menambat malah lanjut meneruskan sampai top
Mereka pun sampai di Top jalur Kasih Sayang / Valentine 7b dengan selamat pada senja sebelum matahari terbenam. Ini pun mengukuhkan pemanjatan ini sebagai First Free Ascent jalur ini. Karena pada beberapa bulan sebelumnya sudah ada yang memanjat sampai top namun sempat jatuh dan itu bisa dikategorikan First Ascent dalam kontek orang / tim pertama yang sampai ke top jalur dengan cara apapun. Dan dalam konteks free climbing (pemanjatan sport tanpa jatuh / memegang pengaman lintasan untuk istirahat), pemanjatan yang Iqbal lakukan masuk kategori FFA.
Terdengar sulit memang kalo manjat multipitch tuh. Bener ga sih ? karna kita harus manjat bertahap / pitch, nge-belay dari atas, harus hafal dan bisa penambatan, belum harus bawa stok makanan dan seabreg alat panjat yang harus dibawa sampai top jalur. Disini saya cuman mau cerita pengalaman manjat hari ini aja ya, untuk teknik-teknik manjat multipitch-nya nanti aja dijelasin lewat channel youtube. Gimana ? Sehari sebelumnya, Kaka mengajak saya untuk manjat multipitch di Tebing 90 dan saya iyakan, yaudah besok aja manjatnya, aku bilang gitu. Esok paginya (pagi ini) aku tungguin sampe jam 9 belum ada juga, mungkin gak jadi, yaudah aku mandi dulu sapa tau dateng kan... eh beneran pas keluar kamar mandi dia nongol, dalam hati ku "wah jadi nih manyat" padahal dalam hati ku ngerasa aduh "butut" banget aku sekarang manjat tinggi-tinggi tuh, takutan gitu sekarang mah karna kan udah jarang banget manjat multipitch. jadi kosong lagi kan beraninya, kya petugas di spbu sering b...
Galeri foto manjat di Tebing Watu Gribik, Dieng, Wonosobo Freden (owner Climbfreewood) manjat jalur Ratapan Angin 5.10 dengan pemandangan kawah dan bukit hijau menjadikan jalur ini sebagai jalur manjat paling favorit di tebing ini. Sebelumnya, sekitar jam 10 siang kami berlima tiba di Tebing Watu Gribik ini yang harusnya bisa lebih pagi karena kami kesulitan mencari depot isi ulang air minum galon karena kita bawa galon kosong. Ternyata di pasar dan pemukiman terakhir sebelum ke tebing ini tidak ada depot isi ulang air minum galon, jadi terpaksa harus beli baru. Dari parkiran mobil yang jalannya agak rusak, kita parkir di halaman vila yang tidak terpakai. nah dari situ kita jalan kaki sekitar 20 menitan untuk sampai depan tebing. Jalur ini beberapa meter awalnya cukup gampang karena agak slab, bisa duduk juga di ujung slab-nya. abis tuh sedikit overhang dan masuk ke bagian gerakan yang sulit (crux) pada foto ini. setelahnya slab lagi. Yogi dengan pemandangan paling best di t...
Komentar
Posting Komentar