Manjat 2 Jalur Multipitch Cuman 3 Jam ! Asli Takut !

Terdengar sulit memang kalo manjat multipitch tuh. Bener ga sih ? karna kita harus manjat bertahap / pitch, nge-belay dari atas, harus hafal dan bisa penambatan, belum harus bawa stok makanan dan seabreg alat panjat yang harus dibawa sampai top jalur. Disini saya cuman mau cerita pengalaman manjat hari ini aja ya, untuk teknik-teknik manjat multipitch-nya nanti aja dijelasin lewat channel youtube. Gimana ?


Sehari sebelumnya, Kaka mengajak saya untuk manjat multipitch di Tebing 90 dan saya iyakan, yaudah besok aja manjatnya, aku bilang gitu. Esok paginya (pagi ini) aku tungguin sampe jam 9 belum ada juga, mungkin gak jadi, yaudah aku mandi dulu sapa tau dateng kan... eh beneran pas keluar kamar mandi dia nongol, dalam hati ku "wah jadi nih manyat" padahal dalam hati ku ngerasa aduh "butut" banget aku sekarang manjat tinggi-tinggi tuh, takutan gitu sekarang mah karna kan udah jarang banget manjat multipitch. jadi kosong lagi kan beraninya, kya petugas di spbu sering bilang "dimulai dari nol ya kaka" :D tapi itu gak menyurutkan mood buat manjat karna emang lagi pengen "buka gerbang" biar manjat tinggi-tingginya gak takutan lagi. 

pitch 2 ngerasa udah tinggi banget mana gede angin duh

Terbuktilah! di jalur Freder ini aku ngebelay dan "follow" aja alias jadi pemanjat kedua (sampe top juga aku jadi pemanjat kedua hehe) alasannya karna aku masih takut jatuh. Sebelum manjat kita cek-cek lagi alat-alatnya lengkap atau engga... Dan ternyata! kita takut kekurangan runner atau quickdraw yang mana cuman bawa 14 biji aja. aku pun lupa lagi berapa jumlah hanger di tiap pitch jalur Freder ini. jadi tambah takut deh, kan jadi mikir waduh cukup gak nih sampe ke station belay pitch-nya... Alhasil, Kaka pun harus men-skip beberapa hanger saat leading, dan itu membuat Kaka juga merasa ketakutan banget pas manjat. Karna alasan itulah kita berdua manjat jalur ini buat ngilangin rasa takut akan ketinggian yang kita alami. Emang harus dilawan! biar gerbangnya kebuka lagi :D

Kaka otw pitch 1. Keliatan ga ?

Kalo diperhatiin fotonya, Kaka ada tepat di bawah matahari yang kehalang tebing. Nah disitu lumayan membuat kita agak takut (udah mah takutan ya), karna arah jalurnya sedikit nyerong ke kiri ditambah pegangannya hampir semua berdebu jadi agak licin pas dipegang. terus kan di skip tuh satu hanger disitu kalo jatoh pasti jauh banget "terbang"nya... tapi alhamdulillah pegannganya gede-gede, ketolong lah. Giliran aku nih "follow" ke pitch 1, disitu aku takut banget sumpah! mana harus bawa tas isinya makanan dan air serta kompor buat ntar ngopi di puncak. Pegengan demi pegangan aku pegang sekuat-kuatnya malah sampe overgrip / megannya terlalu kuat, karna takut kan, jadinya tangan tuh cepet nge-pump / pegel. baru 3 hanger udah ngos-ngosan, nafas engap, keringet bercucuran, pikiran terganggu karna takut jatuh lah, takut batunya jebol, takut alatnya patah, takut talinya putus lah, takut kepeleset, semuanya muncul mencengkram pikiran yang bikin detak jantung berdegup sangat kencang.

Situasi di pitch 2 angin berhembus kencang

Sampailah ke pitch 1 dan tidak terjadi hal-hal yang tadi sempet kepikiran, istirahat sebentar sambil ngoceh "ajig butut kieu manjat euy" dan Kaka pun ketawa diikuti aku yang menertawakan diriku sendiri :(

Kaka lanjut manjat ke pitch 2 yang ternyata gak terlalu tinggi sekitar 15 meteran lah tapi face / tegak tebingnya gak seperti pitch 1 yang slab/landai. disini aku pun masih gak bisa mengontrol rasa takut ku yang sepertinya udah berlebihan. aku follow manjat dengan sama persis, kaki gemeteran, megang overgrip, nafas terengah-engah, tangan cepet pegel, tapi alhamdulillah gak jatoh hehe...

otw pitch 3 / top / puncak jalur Freder

Nah disini lah yang bikin Kaka lumayan takut banget, karena hanger pertamanya cukup jauh dan nyerong ke kiri woy! Jadi kalo terjatuh sebelum masang runner di hanger itu, dia jatohnya akan jauh dibawah posisi belayer. Kaka pun ormed pegangan dan gerakan untuk sampai ke hanger pertama itu dan ketemulah arah gerakan yang cukup mudah dan tidak terlalu membuat kita ketakutan. Dari arah hanger belay, tepat diatasnya  sekitar satu meteran ada beberapa pegangan yang lumayan enak seperti jug, setelah sejajar dengan hanger pertama yang nyebelin itu (awalnya sih haha) lalu tangan kiri Kaka meraih pegangan side pull tepat di arah jam 2 nya hanger tersebut, dan terpasanglah runner pertama. disitu membuat kita lega banget dan sedikit menghilangkan rasa takut yang mendera kita berdua. entah kenapa hanger keduanya lumayan deket banget jadi langsung dipasanglah biar aman, cuman gerakannya lumayan asik tuh yaa agak sedikit boulder lah disitu. abis tu keatasnya mah gede-gede semua pegangannya cuman agak tajam aja. 

belay station yang apa adanya, sorry :D

Sampailah kami berdua di top jalur Freder dengan riang gembira. Akhirnya sedikit ada perlawanan lah untuk menghilangkan rasa takut akan ketinggian walaupun sambil menggerutu ngoceh menjelek-jelekan diri sendiri kenapa manjatnya butut banget. Tak lama kami pun geser ke top jalur 22 untuk sekedar selebrasi kecil-kecilan, ngopi dan sebat hehe...

Para penakut

Setengah jam berlalu, kami turun melalui jalur multipitch 22 ini. Rencananya mendarat di depan jalur Tuan Nyonya, namun apalah daya saat ganti turun di pitch tujuan dan mau topping out disitu, kita lupa untuk melepas simpul ujung tali dan talinya udah agak ketarik sedikit ke atas. Alhasil...

Kaka saat melepas simpul ujung tali (tali warna oren)

Sampailah kami di bawah dan istirahat lagi di saung sambil nunggu gerimis lewat. Dan cerah pun kembali datang. Langsung gas manjat ke jalur Tuan Nyonya dengan jumlah runner yang sepertinya kurang. Kembali Kaka pun harus skip beberapa hanger di pitch 1 dan targetnya kita akan nge-pitch di pitch 2, namun sayang sekali tali gak nyampe dan harus ngepitch ditengah-tengah jalur menuju. Bersyukur ada eye-bolt (hanger bulat), aku pun menyusul dengan sekali lagi ngoceh karena takut yang mengakibatkan gerakan gak smooth, grasak-grusuk dan gampang pegel tangannya. 

Kaka skip dua hanger biar runner nya cukup ke pitch 2

Dari pitch bayangan itu, gantian saya yang nge-lead untuk sampai ke pitch 3 dan melewat pitch 2 karena udah lumayan deket, kagok aja kalo manjat sedikit udah nge-pitch, juga untuk mempercepat karena udah agak sore sih takut gelap karna cuman bawa satu headlamp. Lagi dan lagi, aku manjat dengan rasa takut yang berlebihan, apalagi sekarang aku duluan kan, trus harus nge-skip juga, jadi nambah deh takutnya. Saat manjatnya tuh emang kepikiran semua perasaan takut yang awal tadi, aku coba mengontrol emosi agar fokus ke pegangan dan gerakan. Akhirnya bisa sampai ke pitch 3 dengan keringat segede-gede  jagung. Setelah bikin belay station dan teriak "BELAY OOOOFFF!!!" aku baru ngeuh ternyata aku skip dua hanger yang mendekati pitch 3, pas di lihat lagi wanjiiir lumayan itu panjang, untung dia gak jatoh. 

Kembali posisi lead dipegang Kaka karena pengen langsung ke top/puncak jalur. Tak hanya hanger yang di skip, pitch 4 pun dilewatin gitu aja. Pas aku follow ternyata sadiiis! Kaka skip hanger-nya lebih ngeri dari yang aku kira. Untung di agak jatoh.
Setelah diperhatikan total waktu manjat sampe top dua jalur ini butuh sekitar 3 jam setengah deh, dua jam setengah di jalur Freder dan satu jam lebih dikit di jalur Tuan Nyonya. Kami pun kaget kok lumayan cepet ya, kirain tuh bakalan turun sekitar jam tujuhan gitu... 

Duo Penakut di puncak Tebing 90

Yang pada intinya cuman mau berbagi cerita aja tentang melawan rasa takut yang aku alami. Apa yang kami alami ini sepertinya pelajaran berharga bagi kami. Karena manjat tebing yang tinggi-tinggi itu tidak hanya butuh kekuatan dan teknik handal. 
Malah menurutku pribadi (sebelah kanan) yang paling penting adalah mengontrol rasa takut dan jangan panik. Karena panik inilah yang akan membuat semuanya berjalan ngawur. Kamu akan berbuat hal yang tidak-tidak dan bahkan merugikan diri sendri serta orang lain. 
Aku pribadi sih untuk mengusir rasa takut tuh menceritakan kondisi mental yang aku alami saat itu ke partner manjat ku agar kita saling memahami kondisi masing-masing. Serta memfokuskan pikiran pada proses pemanjatan seperti memikirkan detail perencanaan, teknik pertalian dan keamanan tentunya.  


Oh iya, tadi perhatiin belay station kami yang diatas gak ? maaf karena gak pake screw karena emang kekurangan alat dan hanya runner aja yang kami punya serta mohon maaf gak pake helm, lupa hehe... Semuanya itu pun pinjem ke temen, tengkyu ya Bos :D  untuk temen-temen pembaca mohon jangan diikuti yah, please, karena itu berbahaya. untuk anchor emang harus pake carabiner screw/berkunci ya... Jangan lupa PAKE helm, karena pas tadi manjat tuh sempet ada jatuhan batu segede bungkus rokok, kalo itu kena badan amit-amit kena kepala, nantinya akan beda cerita dong...

Jalur Freder 3 pitch sebelah kiri yang ada tulisan bulan itu jalur Tuan Nyonya


Sekian dan Terima Kasih.


Ahmad Dadan
________________________________________

Thanks to :





     





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocah 10 Tahun Nembusin Jalur BOR7 / 5.12a !!!

Galeri Foto Rock Climbing di Tebing Dieng Wonosobo - Jawa Tengah